1. Nama dan Deskripsi Produk
Sweet
Cake merupakan perusahaan yang bergerak di bidang makanan dengan menggunakan bahan
alami tanpa kimia dan pengawet. bahan-bahan ini dapat di beli di pasar
tradisional atau pasar modern terdekat. Material ini kemudian akan diolah
menjadi kue dengan beragam jenis tanpa bahan pewarna buatan atau bahan kimia. Produk-produk
kue yang diproduksi adalah kue tart, kue kering, kue basah, dan lain-lain
2. Analisis SWOT
Meningkatnya
kesadaran pembeli akan pentingnya kesehatan
Produk
makanan dibuat dari bahan alami tanpa kimia atau pengawet.
Weakness
Belum
banyak orang yang mengetahui produk ini
Opportunities
Dorongan
dari pesaing untuk membuat produk yang lebih baik
Threats
Adanya
perusahaan kue lain
2.1.
Strengths
·
Meningkatnya kesadaran pembeli akan pentingnya kesehatan
Meningkatnya kesadaran pembeli ini terjadi akibat semakin banyaknya
penyakit yang ditimbulkan dari bahan bahan makanan yang tidak higienis, berasal
dari bahan kimia, dan mengandung bahan pengawet. Dengan meningkatnya kesadaran
pembeli akan pentingnya kesehatan, pembeli akan cenderung membeli produk yang lebih
sehat dan higienis ditawarkan oleh perusahaan ini.
2.2
Weakness
·
Belum banyak orang yang mengetahui produk ini
Belum banyak orang yang mengetahui produk ini disebabkan
oleh perusahaan ini yang baru saja dibangun, dan harus melakukan pemasaran yang
lebih banyak.
2.3. Opportunities
·
Dorongan dari pesaing untuk membuat produk yang
lebih baik
Produsen kue sudah sangat banyak, tetapi dengan adanya
produsen-produsen lain, perusahaan ini akan terus terdorong untuk berinovasi
dan membuat produk yang lebih baik lagi dan beraneka ragam.
2.4. Threats
·
Adanya perusahaan kue lain
Adanya perusahaan mainan lain yang sudah berdiri lebih
dahulu membuat pertumbuhan perusahaan ini terhambat. Konsumen akan cenderung
memilih produsen yang sudah lama berdiri dan lebih terkenal daripada produsen
yang baru saja berdiri.
3. Target Pasar
Target pasar
yang dituju perusahaan ini adalah semua orang yang mencari cake yang aman,
tanpa bahan kimia dan pengawet untuk dikonsumsi tanpa memiliki resiko yang
mengancam kesehatan tubuh dan dapat dijangkau oleh orang dengan kondisi ekonomi
ekonomi menengah keatas.
4. Strategi Harga
Strategi yang
digunakan untuk harga kepemimpinan biaya. Strategi ini diambil, karena
perusahaan ini masih baru. Dengan penetapan harga lebih rendah dari produsen
lain, konsumen akan membeli produk ini.
Berikut ini wilayah pemasaran dan jalur distribusi yang direncanakan:
1.
Wilayah Pemasaran
Lokal 100%
2.
Jalur Distribusi
Toko
Pribadi
Pesanan/Delivery
Strategi
pemasaran yang akan digunakan adalah viral marketing. Konsumen yang membeli
produk Sweet Cake akan membuat testimony
di media sosialnya. Strategi ini dipilih karena meningkatnya pengguna media
sosial di Indonesia. Pengguna media sosial di Indonesia ada
72 juta pengguna aktif, dimana 62 juta penggunanya mengakses menggunakan
perangkat mobile.
7. Analisis Pesaing
7.1. Pesaing yang ada
Pesaing
|
Keunggulan
|
Kelemahan
|
||
Holland
Bakery
|
1.
|
Sudah berdiri
|
1.
|
Harga cake
|
sejak lama
|
mahal
|
|||
2.
|
Berlokasi di mall-
|
|||
mall ternama
|
||||
Bread Talk
|
1.
|
Sudah berdiri
|
1.
|
Harga cake
|
sejak lama
|
mahal
|
|||
2.
|
Banyak jenis
|
|||
mainan yang
|
||||
ditawarkan
|
8. Perkiraan Keuangan
a.
Kebutuhan Modal Awal
Bahan dan Alat
|
Harga Satuan
|
Jumlah
|
Harga Total
|
Mentega
|
Rp. 9000 / cup
|
20
|
180.000
|
Tepung
terigu
|
Rp. 12.000 / kg
|
20
|
240.000
|
Tepung
maizena
|
Rp. 20.000 / kg
|
5
|
100.000
|
Keju
|
Rp. 90.000 / 1/2kg
|
1
|
90.000
|
Coklat
|
Rp. 95.000/ kg
|
20
|
95.000
|
Telur
Ayam
|
Rp. 21.000/ kg
|
20
|
420.000
|
Gula
pasir
|
Rp. 13.000 /kg
|
20
|
260.000
|
Vanili
|
Rp.
25.000/100gr
|
100gr
|
25.000
|
Total
|
Rp. 1.410.000
|
||
b. BEP / Titik Impas
BEP= Total Fixed Cost / (Harga jual per unit-Biaya variabel per unit) = Rp. 1.410.000 / (Rp.150.000 - Rp.30.000) = 11.75
BEP= Total Fixed Cost / (Harga jual per unit-Biaya variabel per unit) = Rp. 1.410.000 / (Rp.150.000 - Rp.30.000) = 11.75
Perusahaan ini akan
mencapai titik impas (break even point) jika berhasil menjual 12 loyang kue. Jika
diasumsikan 1 bulan adalah 30 hari kerja, dan setiap
hari perusahaan ini dapat menjual 2-5 unit
mainan, maka perusahaan ini akan BEP dalam jangka waktu : 12/(3×30)= 0.13 bulan.
c.
Perkiraan laba / rugi
Sweet Cake
Proyeksi Laporan Laba Rugi (dalam ribuan rupiah)
Per 1okt-30okt
2015
Nama
Akun
|
Saldo
|
Pendapatan
|
|
Penjualan
Bruto
|
5.400.000
|
Potongan
Penjualan
|
0
|
Retur
Penjualan
|
0
|
Penjualan
Neto
|
5.400.000
|
Harga
Pokok Penjualan
|
|
Harga
Pokok Penjualan
|
(1.200.000 )
|
Laba
Kotor
|
4.200.000
|
Beban
Operasional
|
|
Beban
Gaji dan Tunjangan
|
0
|
Beban
Air, Listrik, Telepon, Gas
|
600.000
|
Beban
Pemeliharaan
|
0
|
Beban
Pemasaran
|
200.000
|
Beban
Sewa
|
0
|
Beban
Administrasi Lain-Lain
|
100.000
|
Biaya
Transport
|
0
|
Biaya
Penyusutan
|
500.000
|
Total
Beban Operasional
|
1.400.000
|
Laba
Operasional
|
1.400.000
|
Beban
Lain-lain
|
|
Beban
Pajak
|
0
|
Total
Beban Lainnya
|
0
|
Laba
(Rugi) Bersih
|
|









Tidak ada komentar:
Posting Komentar